Wednesday, October 12, 2016

Lagu Indonesia Raya Dinyanyikan DI Sekolah Meksiko, Kok Bisa Sih? Memangnya Ada Apa!

Wow ada apa dengan sekolah yang ada di Meksiko yah teman-teman Jiencast, kok bisa mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya di sekolah mereka sih? Apakah mereka sedang mengadakan pementasan sekolah atau cuma sekedar ingin menyanyikannya saja.

Tapi kalau untuk cuma menyanyikannya saja, tentu kita mau tau akan alasannya dong. Masa tanpa di tau penyebabnya mereka langsung menyanyi saja, tentu ada alasannya lah. Tapi bagi kita warga Indonesia asli pasti akan bertanya-tanya dan penasaran atau bahkan kamu sampai terkejut dengan beritanya.

Lagu Indonesia Raya Dinyanyikan DI Sekolah Meksiko, Kok Bisa Sih? Memangnya Ada Apa!
Image By Google

Ingat loh teman ini bukan berita tentang juara olimpiade yah atau lomba yang lainnya tapi hal ini benar-benar terjadi dan nyata bukan karena adanya lomba. Untuk mencari tau kebenaran beritanya dan alasan, mengapa para anak-anak sekolah di Meksiko menyanyikan lagu Indonesia Raya! Ayo sama-sama kita simak yang berikut.

Nah sekolah yang ada di Meksiko ini memang benar-benar menyanyikan lagu Indonesia Raya dan merupakan sekolah yang satu-satunya di Meksiko menyanyikan lagu ini. Alasannya adalah tentu akan membuat kalian terkejut karena pendiri sekolah ini sangat cinta dengan Indonesia.

Pendirinya bernama ‘’Isabel Olguin Romo’’ ia mulai cinta Indonesia pada saat mengajar di sebuah sekolah yang diresmikan oleh bapak presiden pertama kita yaitu ‘’Ir. Soekarno’’ pada tahun 1959.

Sekolah yang bernama "Colegio Indonesia" terdengar memang sangat Indonesia, nama sekolahnya pun ada Indonesia nah bagaimana dengan pengajaran yang diterapkan? Sebelum jauh melangkah mari kita simak saat kedatangan Dubes RI Yusra Khan saat berkunjung ke sekolah ini.

Sekolah ini terletak di Coacalco Meksiko, ketika Dubes RI datang dengan sambutan nama sekolah yang memang Indonsia dan bahkan ketika masuk, iringan penghormatan lantunan Indonesia Raya terdengar bersamaan dengan bendera Merah Putih berkibar saat upacara penyambutan.

Ungkapan Dubes RI dalam sambutannya ‘’Keberadaan sekolah Colegio Indonesia di Meksiko ini memang secara tidak langsung telah meningkatkan tentang pemahaman bagi warga Meksiko akan pada nama Indonesia sendiri, sebagai suatu bentuk pengenalan untuk dari segala aspek tentang Indonesia. Dan kami akan siap untuk mendukung pada rencana kepala sekolah untuk melaksanakan berbagai kegiatan bersama dalam memperkenalkan Indonesia’’ Rabu waktu setempat atau Kamis (18/2/2016) WIB.

Hal ini dilakukan Dubes RI untuk datang ke sekolah meksiko atas undangan dari kepala sekolah Colegio Indonesia guna menjaga hubungan baik antara KBRI yang ada di Mexico City karena telah terbina sejak pada tahun 1979 dan sekaligus untuk meningkatkan kerjasama yang baik, demi lebih mengenalkan lagi Indonesia pada kalangan sekolah.

Dubes juga dalam sambutannya tersebut sangat mengapresiasi atas kegigihan sang kepala sekolah, yang pada sebelumnya juga wakil dari Kementerian Pendidikan Publik Coacalco, Maribel Fuente Prado juga, telah menyampaikan hal yang sama akan apresiasinya atas kedekatan hubungan antara pihak sekolah dengan perwakilan Indonesia.

Dan hal lainnya yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Yoxtalepetl Olguin, bahwa siswanya mempunyai minat yang tinggi untuk mengetahui atau lebih banyak lagi mengenal Indonesia dan karena itulah perlu adanya kegiatan bersama untuk mengenalkan Indonesia di sekolahnya.

Pada sebelumnya juga kepala sekolah ini pernha juga diundang untuk datang berkunjung ke Jakarta guna untuk mengikuti ‘’Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-50 pada tahun 1995.’’ Sebagai salah satu sahabat dari Presiden RI.

Untuk dari segi pengajarannya sama dengan sekolah pada umumnya yang ada di Meksiko atau Indonesia hanya saja tambahannya di sekolah ini adalah dengan tujuan pengenalannya pada Indonesia sesuai dengan nama sekolahnya "Colegio Indonesia.’’

Pada awal berdirinya "Colegio Indonesia" di tahun 1979 oleh Isabel Olguin Romo hanya memiliki 327 orang dari TK hingga tingkat menengah pertama dan hingga kini sekolah hebat ini telah mencetak lulusannya sebanyak 5.500 orang. Wow sangat banyak kan teman-teman Jiencast.

Alasan berdirinya sekolah ini karena didasari dari rasa kecintaan Isabel Olguin Romo pada indonesia. Cintanya itu muncul bermula saat ia mengajar pada sebuah sekolah yang ada di Escuela de la Republica Indonesia di Tacuba, Mexico City yang diresmikan oleh presiden pertama Indonesia yakni Ir.Soekarno tahun 1959.

Karena hal inilah hingga ia membangun sekolah sendiri dengan mengusung nama Indonesia. Wah sungguh sejarah yang sangat luar bisa. Baiklah teman-teman untuk kali ini (Lagu Indonesia Raya DI Nyanyikan DI Sekolah Meksiko, Kok Bisa Sih?) kita akhiri sampai disini dulu yah lain kali kita akan bertemu pada artikel menarik berikutnya oke, daaaaah.

Artikel Terkait

Lagu Indonesia Raya Dinyanyikan DI Sekolah Meksiko, Kok Bisa Sih? Memangnya Ada Apa!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email