Monday, October 10, 2016

Cakram Motor? Bisa Menyimpan Data Hingga 360TB, Hebatkan Teman!

Hebat-hebat benar teman-teman Jiencast kali ini ada teknologi baru yang bernama Glass Disc 5D, yang bisa menyimpan data penting kamu atau sekedar data berupa film, lagu, hadil editing dan lain-lain dengan kapasitas 360TB.

Sangat banyakkan kapasitasnya wow, kan biasanya paling tinggi kita jumpai adalah 1TB. Dan pada penggunaan laptop atau PC pada umunya berkisal 360GB tapi sekarang semuanya menjadi lebih praktis dan mudah. Serta kamu tidak perlu lagi mengganti atau mengupgarde data kamu ke yang lebih tinggi.

Cakram Motor? Bisa Menyimpan Data Hingga 360TB, Hebatkan Teman!
Image By Google

Kini hanya sebuah cakram kecil bukan ‘’Cakram Motor’’ yah, tapi sebuah cakram kaca kecil yang diberi nama ‘’Glass Disc 5D’’. Penemuan super canggih termuktahir ini diciptakan oleh para peneliti asal Negar Inggris.

Tim peneliti University of Southhampton telah melakukan trobosan menarik dan simpel tanpa perlu lagi membutuhkan bentuk yang besar, tapi kin hanya berbentuk bulat layaknya uang koin atau biji kerambol yang mereka sebut dengan Glass Disc 5D.

Penemuannya ini memiliki bentuk 5D atau berbentuk glass disc yang mempunyai ukuran kecil dan mempunyai kehebatan kapasitas 360TB, atau tahan untuk sekitar 13,8 miliar tahun. Dan untuk membuat penemuannya ini tim University of Southampton menggunakan sebuah proses "femtosecond laser writing".

Dalam proses pembuatannya sendiri, cakram kaca kecil ini menggunakan sebuah proses laser ultra cepat, yang dapat menghasilkan sebuah pulsa atau arus tegangan pendek serta intens cahaya. Dan kelebihan dari pulsa ini (Bukan pulsa yang di konter hp yah), tapi pulsa ini lain yang menggunakan 3 lapisan titik struktur nano terpisah (5 mikrometer/0.005mm) yang diketahui dari Peta Pixel.

Karya dari para peniliti Inggris ini telah dipresentasikan di ‘’International Society for Optical Engineering Conference’’ di San Francisco pada minggu ini. Dan kabarnya lagi untuk karyanya yang super, mereka akan melakukan dengan harapan agar bisa mengembangkan teknologinya ini lebih lanjut serta karya darinya ini akan dapat mereka komersialkan.

Wah-wah sungguh sangat canggih yah teman-teman dan sangat membantu pastinya dengan ukuran serta kapasitas data yang bisa muat, terbilang sangatlah tidak tanggung-tanggung yang mencapai angka 360TB (360 Terabytes), dengan begitu kalian tidak perlu khawatir menyimpan game favorit kalian yang bersifat memiliki size ruang yang besar.

Apalagi untuk masalah-masalah lainnya kalian bisa simpan film dengan kualitas HD yang tinggi, dan apa saja, dengan  begitu semua game-game yang ingin kamu koleksi kini bisa terwujudkan dengan teknologi canggih satu ini.

Memang yah jika kita liat sama-sama teknologi semakin kesini semakin berkembang  saja, dan semua yang dahulunya terlihat susah kini menjadi lebih peraktis, mau berkomunikasi dengan keluarga saja kita tidan perlu lagu mengirim surat lewat pos, hanya dengan HP kamu bisa berbicara langsung, kirim sms, foto dan bahkan video call.

Bukan hanya itu saja untuk dalam pembuatan film, dahulu harus punya berbagai alat-alat perfileman yang terbilang rumit dan klasik bahkan warna yang dihasilkan pun hanya hitam putih, tapi sekarang dengan kamera HP 13 megapixel kamu bisa membuat kreasi film buatan kamu, atau hanya bermodalkan kamera foto saja kamu juga bisa membuat film dengan miliaran warna yang dihasilkan.

Namun dulu dan sekarang mempunyai nilai lebihnya masing-masing sesuai dengan peranan dan perkembangannya yang saling berhubungan satu sama lain.

Baiklah teman-teman untuk kali ini sampai disini dulu yah, mengenai cakram kaca kecilnya (Cakram Motor? Bisa Menyimpan Data Hingga 360TB, Hebatkan Teman!), ingat bukan cakram motor yah. Hahaha sampai ketemu pada artikel menarik selanjutnya oke daaah.

Artikel Terkait

Cakram Motor? Bisa Menyimpan Data Hingga 360TB, Hebatkan Teman!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email