Monday, October 10, 2016

Inilah Asal Usul Becak Yang Menyimpan Kisah Sedih Dibalik Keberadaannya Hingga Sekarang!

Berbicara soal becak dan becak lagi pasti tidak akan ada habis-habisnya teman-teman Jiencast. Karena keberadaannya kendaraan yang satu ini memang telah ada sejak zaman dahulu, sebelum maraknya ojek online dan taksi online. Nah siapa disini yang senang naik becak ayo mengaku deh.

Pada ingatkan masa kecilnya yang senang naik becak sama ibu dan bapaknya, sambil pergi jalan-jalan atau berbelanja mainan sekaligus. Hahahaha, becak kini lambat laun semakin bertingkat dan berevolusi menjadi bentor. Iyah bentor, becak yang tidak lagi memakai tenaga manual (Manusia). Tapi kini hanya dengan mesin becak akan melaju dengan kencang.

Inilah Asal Usul Becak Yang Menyimpan Kisah Sedih Dibalik Keberadaannya Hingga Sekarang!
Image By Google

Nah jika teman-teman ketahui sebenarnya awal mula dari becak ini menyimpan cerita yang mengharukan sebelum kita-kita semuanya mengenal dengan alat transportasi yang satu ini, tapi sebelumnya ia telah memiliki kisahnya sendiri. Mau tau? Ayo langsung kita simak saja sama-sama.

Jauh sebelumnya sebelum menggunakan alat kayuh berupa pedal, becak dahulunya menggunakan tenaga manusia untuk mengoprasikannya seperti yang ada di Jepang atau di China, itu tuh yang biasa ada di film ‘’Wong Fei Hung’’ yang dimana becaknya ditarik sama orang.

Kabar dari awal becak yang mengharukan ini terjadi saat lahirnya kendaraan becak Di Jepang pada kisaran tahun 1868 pada masa awal restorasi ‘’Meiji.’’ Pada masa ini banyak para orang asing yang datang untuk menetap di Jepang karena keterbukaan negara ini terhadap orang pendatang terutama yang berasal dari barat.

Nah becak ini pada pertama kalinya diciptakan oleh salah seorang ‘’Misionaris asal Amerika yang bernama Janathan gobel.’’ Dan ada juga menyebutkan namanya adalah Jonathan Scobie, tapi untuk dari semua hal mengenai becak, ia menciptakannya karena, ia berniat untuk membawa jalan-jalan istrinya yang tengah mengalami kelumpuhan agar bisa melihat-lihat wilayah sekitaran Yokohama dengan sangat nyaman.

Karena cintanya kepada istrinya yakni ‘’Eliza Weeks’’ ia berusaha untuk membuat sebuah transportasi atau suatu kendaraan yang bisa ia gunakan bersama dengan istrinya. Nah inilah awal mula becak yang masih merupakan sebuah rancangan yang kemudian disempurnakan lagi.

Berkat dari rancangan yang dimiliki oleh Goble ia berniat untuk meminta bantua kepada sesorang yang bernama Fank Pollay untuk mewujudkan rancangannya ini demi sang istri tercinta. Dengan demikian berkat bantuan Frank Pollay yang dibantu salah seorang lagi Pandai besi yang bernama Obadiah Wheeler, akhirnya becak ini hadirlah dengan berjalan sempurna.

Becak ini mulai beroprasi atau diproduki dengan massal serta memadati Tokyo, Jepang pada tahun 1872. Dan kabar juga yang berkembang dari moda transportasi yang satu ini berkembang dengan sangat pesatnya di Negara China dan India pada tahun sekitaran 1880. Nah pada tahun 1914 barulah becak ini menyebar keseluruh Kota yang ada di Asia Tenggara.

Hebat kan sejarah dari becak ini, dan yang membuatnya semakin menarik dan membuat kita tersentuh adalah kisah dibalikya lahirnya becak dari perjuangan cinta seorang suami kepada istrinya yang tengah lumpuh.

Memang becak ini merupakan kendaraan tradisional, dan masih banyak saja yang memepergunakan jasanya. Selain dari murah, ramah lingkungan, full ac dan unik tapi tetap saja memegang nilai sejarah yang sangat mempunyai cerita kenangan manis dibaliknya.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah becak ini kendaraan kuno? Hmmm sepertinya bukan, tetapi tradisional dan terkesan lebih merakyat sekali. Jika kita menaiki becak ini ada kesan tersendiri seperti rasanya kita kembali ke zaman pemerintahan masa lampao.

Oke teman-teman Jiencast untuk kali ini (Inilah Asal Usul Becak Yang Menyimpan Kisah Sedih Dibalik Keberadaannya Hingga Sekarang!) saya rasa cukup sampai disini dulu yah, lain kali kita akan lanjut dan bertemu lagi pada artikel seru dan menarik lainnya yang semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita lagi sama-sama oke daaah.

Artikel Terkait

Inilah Asal Usul Becak Yang Menyimpan Kisah Sedih Dibalik Keberadaannya Hingga Sekarang!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email