Tuesday, October 11, 2016

Burung Dan Lumba-lumba Bertingkah Aneh Saat Gerhana Matahari Total!

Gerhana matahari total pasti teman-teman tau kan dengan fenomena yang satu ini dan sangat langka untuk terjadi serta yang perlu dicatat adalah bahwa kisah yang kali ini menyebabkan burung dan lumba-lumba menjadi bertingkah aneh tidak pada umumnya.

Nah tepatnya nih teman, ada apa sih yang terjadi dengan burung dan lumba-lumba kok bsia mereka bertingkah aneh sih? Kan mereka lucu dan menggemaskan apalagi kalau sampai bertingkah aneh bisa bertambah deh lucunya, hahaha.

Burung Dan Lumba-lumba Bertingkah Aneh Saat Gerhana Matahari Total!
Image By Google

Kejadian ini terjadi di Indonesia tempat kita semua tinggal yang penuh keindahan alam yang sangat luas, pada hari rabu yakni (9/3) yang lalu sebuah fenomena yang sangat langkan, seperti yang dibilang tadi. Kejadian ini sangat menyita berbagai perhatian bahkan para bule-bule dan NASA pun datang ke Indonesia untuk mengamati gerhana matahari total ini.

Dan yang tak mau ketinggalan juga dari Indonesia yakni ‘’LIPI’’ atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tidak mau melewatkan kesempatan langka ini untuk melakukan pengamatan langsung yang bertujuan untuk mengamati tingkah laku para hewan saat terjadinya gerhana matahari total.

Dan pada saat pengamatan tersebut terungkap bahwa salah satu hewan menunjukkan keanehan yakni burung Kakatua, diketahui pada umumnya burung yang satu ini bersifat aktif dan lincah. Namun pada kenyataannya burung Kakatua ini lebih bersifat diam dan lebih memilih berkumpul dengan temannya.

Ungkap salah seorang anggota Laboratorium Penelitian Biologi LIPI yakni Rini Rahmatika ‘’Bahwa saat sebelum gerhana matahari total, mereka ini aktif bervikalisasi, terbang dan masih aktif bergerak, dan ia sistemnya dengan merayap dari satu kawat ke kawat yang lainnya, dan mereka ini saat terjadinya gerhana, mereka akan diam pada satu titik dan lebih cenderung berdekat-dekatan satu sama lain untuk bertenggel dalam ranting yang berdekatan.’’

Para bagian Biodiversitas Konservasi Sumber Daya Laut Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dr. Hagi Yulia Sugeha juga mengatakan suatu hal yang unik dari lumba-lumba yaiti ‘’Seperti yang telah dilihat bahawa saat gerhana matahari total para lumba-lumba ini akan berfikir jika hari sudah gelap, lalu mereka akan merespon dengan melakukan istirahat dengan cara bersembunyi dibawah  kolam dan sesekali mengambil nafas.’’

Tambahan ungkapan yang dinyatakan oleh Dr.Hagi Yulia yakni ‘’Sepertinya para lumba-lumba merasakan stres, karena pada kenyataannya mereka kalau di laut lepas bisa kembali ke dasar dengan kedalaman sekitar 50 meter, itu karena hari sudah gelap.’’

Dan untuk jenis hewan lainnya yakni burung pelikan yang biasanya terliahat aktif akan beristirahat atau tidur karena gerhana matahari total. Hal inipun sama yang terjadi pada kukang yang memilih untuk bersembunyi pada dedaunan pohon.

memang kejadian-kejadian seperti ini memang sangatlah menarik dan fenomenal dengan tingkah laku para hewan dalam menghadapi gerhana matahari total, dan pada umumnya mereka akan lebih memilih bersembunyi atau melakukan istirahat dilain dari aktivitas mereka untuk mencari makan atau sekedar bermain.

Gimana dengan tingkah laku para kucing kalian teman-teman atau sahabat kecil kamu yang lainnya kira-kira bagaimana yang ekpresu mereka. Coba deh kalian ingat-ingat lagi saat gerhana matahari total kira-kira apa yang mereka lakukan disekitar mu.

Sangat menarik yah tingkah laku hewan-hewan lucu ini ketika melihat gerhana matahari, hahaha yah itulah mereka (Burung Dan Lumba-lumba Bertingkah Aneh Saat Gerhana Matahari Total). Nah dengan begitu kita akan jumpa lagi pada artikel menarik lainnya yang semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita sama-sama akan dunia gerhana matahari yang sangat langka terjadi daaah.

Artikel Terkait

Burung Dan Lumba-lumba Bertingkah Aneh Saat Gerhana Matahari Total!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email