Monday, September 19, 2016

Apa! Sampah Bisa Ditukar Dengan Es Krim

Wah wah wah teman-teman Jiencast kali ini ada berita mengejutkan dari sampah. Sampah apa yah kok bisa begitu mengejutkan, yap tentu saja mengejutkan apalagi buat kalangan anak-anak kecil yang suka sekali sama es krim. Namanya juga anak-anak yah maklumlah, sampah yang ada disekitar ini ternyata bisa loh teman untuk dijadikan atau ditukar dengan makanan.

Bayangkan saja dengan hanya bermodalkan sampah rumah kita bisa menikmati es krim yang di jual di toko-toko atau abang-abang es krim jadi kita tidak perlu menukarnya dengan uang apalagi jika harus  membuat es krim sendiri kan kita juga harus belajar cara membuat es krim yang benar biar enak lah hahaha.

Apa! Sampah Bisa Ditukar Dengan Es Krim
Image Edit Jiencast

Nah salah satu kota yang ada di sulawesi selatan yakni tepatnya Makassar, menerapkan kepada siapa saja masyarakat yang memiliki sampah dirumahnya untuk segera dibawa bank-bank sampah yang ada dikota makasssar, khususnya di Bank sampah Ballaparang, Karuswisi, Tallo dan Makassar.

Salah satu penyelenggaraan ini oleh Pemkot Makassar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian bagi warga-warga yang bertempat tinggal di wilayah lorong-lorong yang ada di Makassar dan sekitarnya.

Dan dengan adanya kerjasama Walls area ICE east, setiap nasabah bank sampah dapat menukarkan sampahnya sesuai nilai tukar sampah tersebut dengan harga es krim yang diinginkan. Jadi tak perlu lagi uang tunai untuk menikmati es krim tersebut, cukup dengan bermodalkan sampah saja.

Sedangkan bagi bank sampah yang melayani proses penukaran sampah dengan es krim dapat dilakukan jika bank sampah tersebut memiliki daya listrik untuk lemari pembeku dan itupun jika tak mampu bank sampah tersebut dapat berkerjasama dengan sejumlah kios-kios yang kerap kali  di jumpai di lorong-lorong (gang kecil).

‘’Hal ini dapat membuka peluang bagi masyarakat lorong untuk lebih berdaya lagi, dan ditambah lagi dengan BULo Badan Usaha Lorong yang mulai berjalan, semuanya dapat bersinergi,’’ ungkap sahar selaku tim program kebersihan kota makassar.

Sampah yang ditukar dengan es krim ini sebenarnya telah diadakan pada menjelang agustus sebagai suatu peringatan atau rangkaian kegiatan bagi kemerdekaan republik indonesia yang genap ke 71 tahun. Wow hebat kan teman programnya.

‘’Dengan adanya tim program kegiatan masyarakat yang terus melakukan serangkaian inovasi untuk mengaktifkan masyarakat lorong dan sekaligus produk lainnya untuk kedepan yang bisa ditukarkan dengan sampah ,’’ ungkap sahar.

Apakah cuma yang ada di Makassar saja sampah yang ditukar dengan eskrim atau daerah kamu juga teman ? ayo ungkapkan bagaimana daerah atau wilayah kamu masing-masing dalam melancarkan program masyarakatnya khususnya teman-teman kita yang kurang mampu.

Silahkan sahabat komentar diakhir postingan ini untuk memberitau kamu semua tentang program kerja daerah kamu yah, jangan lupa jika ada hal yang ingin teman sampaikan mengenai sesuatu hal berupa pesan atau artikel yang ingin teman sampaikan. Kamu bisa langsung menghubungi (Jiencast).

Hubungi kami via akun sosial media atau kontak langsung di Blog ini mengenai artikel kamu yang ingin kamu publish di Blog ini. Terima kasih teman, nah gimana sekarang kamu semua sudah taukan jika sampah itu bukan hanya dibuang-buang saja tapi kamu bisa kumpul dan tukar deh jadi eskrim waw hebat kan.hahahahaha.

Sampah juga selain bisa ditukar jadi makanan juga bisa teman jadikan karya seni yang bernilai ekonomis tinggi apalagi jika sampai menjangkau kancah internasional kebayangkan hasilnya. Koran bekas saja yang ada dirumah kamu bisa diubah atau disulap jadi kerjinan kapal kertas,motor,vas bunga,pot dan masih banyak lagi.

Sekian dulu yah teman-teman Jiencast, lain kali kita akan berjumpa lagi pada artikel-artikel menarik lainnya semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semuanya oke.

Artikel Terkait

Apa! Sampah Bisa Ditukar Dengan Es Krim
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email